Ketika Anda memilih nama domain untuk website bisnis Anda, pasti akan tersedia banyak pilihan domain. Dan saat ini Anda bisa simak saran berikut untuk bisa memilih domain yang paling tepat untuk bisnis Anda.
Nama domain dan URL akan memainkan peran besar dalam pencarian. Tujuan dalam hal ini tidak hanya sebagai tempat untuk pengunjung bisa menemukan website dan konten Anda, akan tetapi domain yang Anda pilih juga dapat berdampak pada website Anda terlihat di hasil pencarian search engine. Meskipun ada lebih banyak berbagai pilihan domain namun ada praktek terbaik yang bisa Anda gunakan untuk pemilihannya jika ingin mendapatkan hasil yang optimal.
Sampai dengan saat ini pada bulan Agustus 2017, ICANN mengenali sekitar 1.547 domain TLD. Walaupun Anda sekarang ini memiliki lebih banyak pilihan tentu bukan hal mudah dalam memilih sebuah domain yang tepat untuk bisnis Anda. Untuk memastikan Anda mendapatkan domain yang tepat untuk bisnis Anda, silahkan bisa simak 10 tips memilih domain tepat:
1. Mulai dengan Keyword
Sebelum Anda masuk ke registar domain favorit Anda, luangkan waktu untuk melakukan brainstorming beberapa gagasan. Hal ini dapat membantu untuk Anda bisa menemukan dan mengingat tiga sampai lima kata kunci saat melakukan hal ini. Kata-kata dan ungkapan-ungkapan ini harus secara jelas mendefinisikan apa yang Anda lakukan (atau ingin Anda lakukan).
Sebagai contoh, katakanlah Anda memulai sebuah toko roti lokal. Beberapa istilah yang ingin Anda sertakan adalah kota, roti, roti tawar, roti isi dan sebagainya.
Tips: Gunakan awalan dan sufiks untuk membantu Anda membuat domain yang bagus dan menarik perhatian. Seperti contoh untuk nama domain seperti superfreshbread.com.
2. Buatlah Unik
Domain website Anda adalah bagian dari brand bisnis Anda. Untuk itu pastikan menonjol karena akan penting untuk Anda dan juga pengunjung. Memiliki domain yang sangat mirip dengan brand populer tentu bukan sebuah ide yang bagus karena hal ini akan menimbulkan kebingungan.
Hati-hati ketika Anda ingin membuat domain yang unik, dimana memaksaan ejaan alternatif dari kata biasa yang bisa menimbulkan masalah besar nantinya. Contoh yang dikutip dalam buku, “The Art of SEO: Menguasai Search Engine Optimization,” adalah situs gambar populer Flickr.
Ketika pemilik situs membangun domain tersebut, mereka tidak menggunakan ejaan standar dengan benar yang mana pada awalnya adalah flicker.com dan tentu saja mungkin mereka telah kehilangan trafik sebagai hasilnya. Dan pada akhirnya harus membeli sebuah domain baru sesuai ejaan dengan benar dan di redirect ke add domain Flickr.com.
3. Gunakan untuk .COM
Jika Anda berkeinginan untuk membangun sebuah brand online untuk jangka panjang, maka tidak ada yang lebih baik selain .com. Menggunakan redirect 301 untuk mengarahkan traffic ke .net atau .org bisa dibilang baik namun memiliki .com atau TLD setara seperti co.id atau yang setara untuk target pasar negara Anda sangat penting.
Ada beberapa alasan mengapa hal ini penting, namun yang paling penting adalah bagi pengguna Anda. Meski ada ribuan TLD yang bisa dipilih, .com masih paling bisa dipercaya. Banyak para pengguna internet masih belum sadar bahwa TLD lain ada dan mungkin banyak yang merasa ragu untuk mengklik.
Catatan untuk pertimbangan: Ketika dulu ingin mendapatkan domain .com untuk situs saya. Kemudian ketika diganti namanya beberapa tahun lalu, tidak dapat diklaim dan sekarang harus menawar untuk memilikinya.
4. Buatlah untuk Mudah Diketik
Jika URL Anda sulit untuk diketik atau sulit untuk diingat, maka tidak akan mudah familiar dimata pengguna. Kata yang sulut untuk mengeja dan string URL yang panjang bisa sangat membuat frustasi untuk pengguna akhir Anda.
Tentu Anda bisa saja menambahkan keyword yang bagus dengan URL yang panjang, namun jika experience pengguna terkena dampa negatifnya pada akhirnya justru Anda yang akan menderita.
5. Buatlah agar Mudah Diingat
Pemasaran dari mulut ke mulut masih yang terbaik dari semuanya. Jika Anda ingin membantu brand Anda menyebar lebih cepat, buatlah domain Anda untuk mudah diingat. Memiliki website yang bagus akan menjadi masalah jika tidak ada yang bisa mengingat nama domain anda.
6. Pastikan Tetap Pendek
URL yang lebih pendek akan lebih mudah untuk diketikan dan diingat. Dengan seperti itu juga mengizinkan lebih banyak URL muncul di SERPs, lebih sesuai di kartu nama dan akan terlihat lebih baik di media offline lainnya.
7. Ciptakan dan Dapatkan Ekspektasi
Apa harapan Anda ketika pertama kali seseorang menderal URL situs Anda ? Jika yang terjadi mereka tidak bisa langsung memahami apa yang Anda lakukan atau tentang apa website Anda, maka disini Anda akan memiliki masalah.
Sementara situs seperti Amazon, Trulia, Google dan Trivago terdengar keren, dibutuhkan lebih banyak pemasaran dan branding untuk membuatnya bekerja. Domain seperti NYtimes.com, Homes.com, dan Overstock.com semua memberi tahu apa yang akan diharapkan di depan.
8. Bangun Brand Anda
Jika Anda tidak bisa menemukan domain yang bagus sesuai peraturan sebelumnya, maka Anda bisa menggunakan bran Anda untuk bisa membedakan diri.
Menggunakan moniker yang unik adalah cara terbaik untuk membangun nilai tambah. Perlu diperhatikan bahwa untuk kebutuhan brand ini, mungkin akan lebih lambat mendapatkan aksi daripada ketika Anda menggunakan domain yang lebih sederhana dna mudah. Tetapi jika hal ini dilakukan dengan benar, maka usaha ini bisa melunasi dalam jangka panjang.
9. Jangan Jatuh karena Tren
Hanya karena ada sesuatu yang sedang tren sekarang, itu tentu tidak akan berarti akan selalu terjadi. Mengikuti dengan apa yang orang lain lakukan dapat membawa Anda ke jalur yang salah. Maka dari itu jauhi ejaan yang aneh dan banyak tanda hubung atau angka. Jaga agar tetap simple, fokus dan mudah diingat.
10. Coba Tools Seleksi Domain
Jika Anda mengalami brainstorming yang sulit untuk sebuah ide, jangan khawatir internet memiliki solusi untuk Anda.
Coba gunakan tools seleksi domain untuk membantu Anda menemukan domain yang tepat. Tools seperti DomainsBot atau NameMesh dapat membantu Anda menemukan domain yang tepat. Tapi ingatlah untuk mematuhi saran di atas saat menggunakan tools ini.
Kesimpulan
Domain website Anda adalah sebagai tempat Anda dalam melaksanakan bisnis online. Sama seperti di real estate, lokasi adalah yang terpenting. Memiliki domain yang secara jelas memberi tahu pengguna dan search engine siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dapat membantu membangun brand secara online. Jangan hanya sekedar memilih domain saja dan maka luangkan waktu dan pilih domain yang tepat untuk bisnis Anda.
Sumber: uptopromo.co.id